Wisata Pulau Macan, Nikmati Sensasi Liburan Eksclusif

0

Wisata Pulau Macan Terbaik Untuk yang Ingin Menikmati Sensasi Liburan Ekslusif

Pulau Macan merupakan satu dari gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Sama halnya dengan Pulau Tidung, pulau ini pun dikelola menjadi objek wisata. Hanya saja, wisata Pulau Macan terbaik ini dikemas lebih eksklusif dengan konsep eco resort yang ramah lingkungan. Jumlah wisatawan dibatasi setiap harinya. Tidak boleh melebihi 40 orang. Itupun harus melalukan pemesanan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. Tak heran jika suasana di Pulau Macan jauh lebih sepi dan tenang dibandingkan pulau-pulau wisata lain di Kepulauan Seribu. Di sini Anda bagai merasa sedang berada di pulau pribadi.

Sejarah Pulau Macan

Sebelum mengulas Pulau Macan lebih dalam lagi, alangkah baik kita membahas sejarah pulau ini terlebih dahulu untuk menambah wawasan. Siapa sangka, pulau nan indah ini pada mulanya milik seorang konglomerat asal Indonesia yang bertempat tinggal di kawasan Menteng Jakarta Pusat.  Seiring berjalan waktu, hak pengelolaan pulau ini dilimpahkan kepada salah seorang warga berkebangsaan Jerman yang kebetulan memilih tinggal di Indonesia dan tak jauh dari pulau tersebut. Namun setelah sekian waktu lamanya, dia beserta keluarganya terpaksa harus pindah ke Bali untuk suatu urusan.

Supaya pulau ini tidak terbengkalai, dia menunjuk sahabatnya yang bernama Roderick untuk menggantikan tugasnya. Di tangan Rodericklah pulau ini bisa tertata sedemikian apik sehingga menjadi wisata Pulau Macan terbaik yang untuk layak menjamu wisatawan luar maupun dalam.

Letak dan Kondisi Alam Pulau Macan

Wisata Pulau Macan terbaik terletak di sebelah utara kota Jakarta, atau tepatnya masuk dalam kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau ini bertetanggaan dengan Pulau Putri yang juga dikelola sebagai objek wisata. Pada dasarnya Pulau Macan tidak terlalu luas, hanya sekitar 0.82 hektare. Cukup sehari saja Anda sudah bisa mengelilingi pulau ini secara keseluruhan. Akan tetapi, justru banyak wisatawan yang memilih menginap di sini karena ingin menikmati keindahan dan suasana tenang yang lebih lama.

Pulau Macan terbagi atas dua bagian, yaitu Pulau Macan Besar dan Macan Kecil. Pulau Macan Besar merupakan pulau yang di dalamnya telah dibangun berbagai fasilitas pendukung seperti penginapan, club house, dan sebagainya. Sedangkan Pulau Macan Kecil merupakan kawasan tak berpenghuni yang kealamiannya sengaja dipertahankan semaksimal mungkin. Jadi tidak ada satu bangunan pun di sini.

Tak jauh dari pulau Macan Kecil, terdapat pulau lainnya yang dinamakan Pulau Gundul atau Pulau Botak. Sama seperti Pulau Macan Kecil, kondisi di Pulau Gundul juga tidak berpenghuni. Sekitarnya dikelilingi oleh perairan dangkal dimana Anda bisa menyeberang dengan mudah dari Pulau Kecil ke Pulau Gundul cukup dengan berjalan kaki di air.

Kalau Anda beruntung, saat air laut surut Anda bisa melihat Pulau Gosong tak jauh dari Pulau Macan Gundul. Pulau Gosong ini disebut juga Pulau Pasir karena memang bentuknya berupa gundukan pasir. Ketika air sedang pasang, Pulau Gosong ini akan kembali tenggelam.

Aktivitas Seru Selama di Pulau Macan

Meski wilayah wisata Pulau Macan terbaik ini tidak seberapa luas dan tergolong sepi, jangan pikir berada di sini akan terasa sangat membosankan. Sebab, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda coba lakukan di sini. Apalagi bersama teman-teman atau pasangan tercinta. Berikut beberapa aktivitas yang dimaksud:

  1. Snorkeling

Aktivitas menyelam di perairan dangkal atau disebut snorkeling memang bukan sesuatu yang baru untuk objek wisata pulau. Di pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu Anda juga bisa melakukan aktivitas ini. Tapi, jangan salah! Dari sekian banyak objek wisata pulau di Kepulauan Seribu, hanya di Pulau Macan ini Anda bisa menyaksikan panorama alam bawah laut yang luar biasa jernih dan indah. Beda jauh dari pemandangan bawah laut di Pulau Tidung, dimana kondisinya sudah mulai tercemar. Banyak sampah-sampah karam dan terumbu karangnya sudah banyak yang rusak akibat ulah jahil manusia. So, jika ingin mendapatkan pengalaman snorkeling yang lebih berkesan, cobalah lakukan di Pulau Macan.

  1. Scuba Diving

Sebagian orang yang suka aktivitas lebih menantang daripada snorkeling, bisa melakukan scuba Diving di Perairan Pulau Macan yang cukup tenang ini. Tapi tentu aktivitas ini harus didukung dengan kemampuan berenang dan menyelam dengan baik. Untuk perlengkapan diving dan snorkeling, sudah disediakan oleh pihak resort. Jadi tidak perlu repot-repot lagi mengangkut peralatan diving dan snorkeling dari rumah.

  1. Bermain Kano

Canoing atau bermain kano atau juga tak kalah seru untuk dicoba di pada objek wisata Pulau Mcan terbaik ini. Kano merupakan papan panjang yang dapat mengapung di permukaan air tak ubahnya sampan. Dengan menggunakan kano, Anda bisa menyeberangi pulau-pulau terdekat dalam waktu singkat dan mudah. Contohnya ke Pulau Gundul. Selain itu mendayung kano juga bukan sekadar permainan seru-seruan saja, tapi juga olahraga yang menyehatkan.

  1. Trekking

Sampai di Pulau Gundul, saatnya Anda trekking mengililingi pulau. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pulau Gundul ini sama sekali tidak berpenghuni. Daratannya diapit oleh pepohonan besar dan semak belukar. Tidak perlu takut tersesat. Sebab, tidak banyak jalur bercabang di kawasan ini sehingga tidak terlalu membingungkan ketika ingin kembali ke titik awal.

  1. Sun Bathing

Spot paling asyik untuk sun bathing atau berjemur adalah di Pulau Gosong. Mungkin itulah mengapa pulau ini dinamakan Pulau Gosong karena memang banyak wisatawan yang “menggosongkan” badan di bawah terik matahari di pulau ini.

Berpuas-puaslah berjemur di Pulau Gosong saat air tengah surut. Ketika air pasang, jangan harap Anda bisa melihatnya lagi.

  1. Meyaksikan Sunset

Di kota mungkin kita tidak punya cukup waktu menyaksikan detik-detik matahari tenggelam. Tapi di sini, menyaksikan sunset adalah aktivitas yang sayang sekali kalau dilewatkan. Dari bibir dek atau teras penginapan yang rata-rata menghadap ke barat, Anda bisa memandang matahari yang bulat sempurna dan kemerahan perlahan-lahan tenggelam.

  1. Relaksasi

Kini tinggal saatnya berelaksasi setelah lelah beraktivitas seharian. Salah satu cara relaksasi yang paling baik adalah pijat. Nah, di wisata Pulau Macan terbaik ini pihak resort sudah menyediakan tenaga pemijat professional untuk wisatawan yang menginginkannya. Tapi jangan harap ada layanan pijat-pijat plus-plus. Di sini murni hanya untuk pijat relaksasi saja.

Akomodasi dan Transportasi

Ada beberapa pilihan paket Pulau Macan murah yang bisa dipilih oleh wisatawan, diantaranya:

Khusus untuk paket menginap, tersedia dua tipe penginapan. Pertama, tipe cabin yang desainnya lebih tertutup dan dekat dengan club house. Kedua, tipe hut yang desainnya seperti pondok terbuka dan aksesnya dekat ke laut.

Untuk transportasi, wisatawan diangkut dari dermaga Marina Ancol menggunakan speedboat menuju ke Pulau Macan dengan lama perjalanan sekitar 90 menit. Bagi Anda yang ingin berlibur ke sana, kami menyediakan open trip Pulau Macan dengan harga terjangkau. Silakan klik https://paradisotraveling.com/ untuk mengetahui detailnya.

Tunggu apa lagi? Siapkan waktu dan budget Anda untuk menikmati berwisata di Pulau Macan terbaik bersama keluarga maupun teman.

100%
100%
Awesome
  • 10
  • User Ratings (5 Votes)
    8.3
Share.

Leave A Reply