Transportasi Ke Pulau Tidung

Transportasi Ke Pulau Tidung
transportasi ke pulau tidung

Transportasi Ke Pulau Tidung

Sama halnya dengan pulau-pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu, untuk menuju ke Pulau Tidung dibutungkan transportasi laut berupa kapal kayu, ferry, KM Kerapu, atau speedboat. Semua moda transportasi ke Pulau Tidung tersebut membuka jadwal keberangkatan setiap hari. Namun di waktu weekend atau musim liburan, kapal-kapal dipastikan akan dipadati penumpang. Jadi, bisa saja jadwal keberangkatan Anda ditunda apabila tidak kebagian tiket. Kecuali jika Anda standby sepagi mungkin di dermaga atau menggunakan jasa biro wisata. Biro wisata akan mengurus kebutuhan tiket klien jauh-jauh hari dari jadwal keberangkatan yang klien inginkan. Klien tinggal datang ke dermaga setengah jam sebelum kapal berangkat.

Untuk tarif, masing-masing kapal menetapkan harga yang berbeda-beda. Untuk kapal kayu atau tradisional milik nelayan, feryy, dan KM kerapu tarif tiketnya cukup murah. Cocok untuk Anda yang punya budget terbatas atau ingin berhemat. Akan tetapi, muatannya kerap sarat penumpang. Sehingga mau tidak mau Anda harus berjejalan dengan penumpang lain dan berebut tempat duduk atau memilih posisi yang paling nyaman. Selain itu, waktu tempuh yang dibutuhkan bisa sampai 2,5 jam.

Lain hal ketika Anda menggunakan speedboat. Speedboat termasuk moda transportasi ke Pulau Tidung yang tarifnya paling mahal dibandingkan jenis transportasi lain. Sisi plusnya, suasana di dalam sepedboat jauh lebih nyaman untuk penumpang. Pun, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar satu jam saja.

Selain tarif, titik kumpul (meeting point) keberangkatan ke Pulau Tidung juga berbeda-beda. Sejauh ini meski kapal bertarif murah kurang nyaman, namun tetap paling banyak dipilih orang terutama yang berangkat secara independent (tidak menggunakan jasa travel agent manapun).

Untuk kapal-kapal bertarif ekonomis, titik kumpul berada di Pelabuhan Kali Adem yang berlokasi di belakang pasar ikan Muara Angke. Berikut jadwal keberangkatan dan tarif KM Kerapu, ferry, dan kapal tradisional:

KM Kerapu:

  • Loket pembelian tiket buka mulai pukul 6.30 WIB-7.30 WIB.
  • Berangkat setiap hari pada pukul 09.00 dan 11.00 WIB.
  • Tarif Rp 5000,-/orang.

Ferry:

  • Berangkat setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, pada pukul 07.00 WIB.
  • Tarif Rp 40.000,- untuk dewasa dan Rp 26.000,- untuk anak-anak.

Kapal Tradisional

  • Berangkat setiap Senin-Jumat pada pukul 07.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu antara pukul 07.00 WIB-07.30 WIB.
  • Tarif Rp 45.000,-/orang.

Sedangkan untuk Anda yang memilih menggunakan speedboat, meeting pointnya berada di dermaga Marina Ancol dengan jadwal keberangkatan serta tarif sebagai berikut:

  • Speedboat boarding pukul 07.30 WIB dan berangkat pada pukul 08.WIB.
  • Tarif Senin hingga jumat Rp 350.000,- , khusus Sabtu-Minggu Rp 450.000,-

Tim kami sudah standby di dermaga Marina Ancol untuk mengurus segala keperluan keberangkatan klien ke Pulau Tidung. Klien diharapkan hadir 30 menit sebelum speedboat boarding.

*Catatan:

Seluruh jadwal keberangkatan di atas dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila cuaca buruk dan tidak memungkinkan mengarungi laut, jadwal keberangkatan ditunda hingga keadaan membaik.