Skip to main content
Pulau Tidung Pulau Seribu, Eksotisme Indonesia

Pulau Tidung Pulau Seribu, Eksotisme Indonesia

Pulau Tidung Pulau Seribu, eksotisme Indonesia. Pulau eksotik milik Indonesia di salah satu kumpulan ribuan pulau yaitu Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Eksotisme alam rayanya tidak terabaikan dan tidak terpungkiri. Yang Maha Kuasa seakan tahu akan keberadaan sebuah surga dunia yang sepatutnya dijaga dan dilestarikan oleh manusianya. Pulau ini terdapat 2 pulau utama, Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Saat ini berkembang dengan berbagai macam wisata bahari dan sering dijadikan tempat penelitian oleh para peneliti muda Indonesia, terutama akan terumbu karangnya.

Dari 2 pulau utamanya terdapat jembatan Cinta yang menghubungkannya dengan Kepulauan Seribu Selatan bagian barat. Ketika pengunjung berwisata ke sana terdapat kapal penumpang dari Muara Angke, menempuh jarak 3 jam. Banyak terdapat destinasi wisata di pulau ini, tersedia resor-resor kecil kelolaan masyarakat setempat maupun swasta skala besar. Terdapat banyak warung yang menyediakan menu-menu andalan serta berbagai minuman sebagai pendamping pengunjung menikmati eksotisme alam pulau ini.

Pulau Tidung memukau setiap pengunjung yang ingin berkunjung ke sini, maka ketika anda membutuhkan liburan ke pulau bahari ini maka anda dapat cari info lengkapnya di JBS Travel. Sebagai satu tujuan favorit pengunjung lokal dan manca negara, maka perlunya pemda pulau ini untuk selalu berbenah diri dalam mempercantik dan mengembangkan alam wisatanya, baik perbaikan sarana infrastruktur dan SDM sebagai pembanding nyata pengembangannya.

Salah satu yang sedang berkembang yaitu keberadaan warung-warung seni karya dan makanan minuman. Dengan berbagai macam jual beli barang, makanan dan minuman yang menggugah selera pengunjung.

Jembatan ini penghubung antara Tidung Kecil dengan Tidung Besar, menciptakan eksotisme baru yang menawan dengan segala macam mitos yang dikembangkan oleh para pengunjung sendiri. Namun hal inilah yang semakin menjadikan Pulau Tidung sebagai destinasi yang menjanjikan dan mengembangkan pendapatan local masyarakat sekitar. Tampak indah dengan lengkungan cantik separo hati, menjadikan jembatan ini ikon ternama di wisata pulau ini. Dengan pemandangan birunya lautan Kepulauan Seribu menambah syahdu wisata bahari di pulau ini, dengan cantik dan kayanya biota laut di laut Pulau Tidung.

Pada Pulau Tidung Kecil sendiri adalah Kawasan kembang biak mangrove. Sebagai salah satu ekosistem hutan yang terdapat di daerah pantai, maka kelompok pepohonan ini hidup di alam laut dengan kadar garam tinggi sebagai penguat bipori lautan dan daratan sekitar pantai. Akarnya yang menjulang menyembul ke permukaan menampak cantik eksotisme Pulau Tidung. Semak belukar pemercantik sebagai pemisah daratan dan lautan. Mangrove di pulau ini, berjenis tumbuhan kayu, tumbuh sepanjang garis pantai, membentuk lahan pantai Pulau Tidung sebagai tanah anaerob.

Dari jembatan cinta ini dapat dinikmati mangrove cantik tersebut, melalui jembatan kecil dapat dilalui sepeda ontel, dengan hiasan pantai pasir putih nan lembut. Bagaimana dengan mitos-mitos berkembang antara jembatan cinta ini, ah tentu pastinya ada, berkembang sebagai ikon ‘omongan’ masyarakat lokal sebagai daya tarik tersendiri. Bagaimana Pulau Tidung Pulau Seribu, eksotisme Indonesia dapat menarik perhatian melalui sebuah mitos, tentulah seru disimak ceritanya .

Satu objek jembatan cinta inilah, mitos dimulai, apa sajakah itu?

  1. Ketika seorang pasangan entah itu suami istri ataupun seoasang kekasih ketika menyeberangi jembatan ini mendapatkan hubungan langgeng selamanya. Tentulah mitos ini percaya tak percaya adalah hasil dari pemikiran dan pengembangan budaya setempat. Dipercaya ketika pasangan pengunjung menolehkan pandangan dari sang kekasih ketika berada di atas jembatan maka pasangannya akan berbalik hati kepada orang lain.
  2. Ada pula mitos ketika melompat dari atas jembatan, semua pemikiran negatif akan terbuang disana. Banyak anggapan pengunjung ketika melompat dari atas jembatan setinggi 6 meter maka kebaikan akan terpenuhi dalam diri, namun ada juga yang biasa saja sekedar menikmati keindahan jembatan tersebut dengan indahnya lautan sekitar.
  3. Ujung jembatan yang mengarah ke Pulau Tidung kecil sangatlah angker. Ini agak menguji keberanian diri pengunjung. Namun tidak sedikit yang mempercayainya. Tentu kembali lagi kepada kepercayaan pengunjung tentunya.

Untuk menanggulangi beredarnya mitos ini, tentunya pengembang juga selalu melakukan pengembangan dan safety bagi para pengunjung. Salah satunya pada setiap ujung jembatan diberikan tanaman cantik yang dapat memanjakan mata para pengunjung. Terlepas itu semua, tentulah Sang Kuasa menciptakan keindahan dan keeksotisan alam bahari pulau untuk dinikmati dan disyukuri.

Pulau ini diartikan sebagai pulau pelindung, dimana jaman dahulu sela cerita pulau ini sebagai tempat perlindungan dari para perompak laut. Lambat laun bertahun akhirnya menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi pelancong lokal maupun manca negara. Namun yang paling menyukai wisata bahari malahan wisatawan mancanegara, yang selalu senang dengan wisata alam seperti lautan dan pantai alami. Tidak kalah menarik wisata bawah lautnya, yang masih perlu dikembangkan secara signifikan sebagai satu paket wisata selain menikmati keindahan alamnya.

Kaya dengan biota laut dan terumbu karang. Terumbu karang sendiri merupakan kumpulan hewan karang yang beradaptasi dengan alga yang disebut zooxanthellae. Indonesia sendiri merupakan surganya terumbu karang. Merupakan 70% dari lautan Indonesia merupakan lautan termasuk di lautan Pulau Tidung. Terumbu karangnya membentuk koloni dengan berbagai hewan kecil laut Pulau Tidung, menjadikan surga di bawah laut. Kekayaan biologi melimpah ruah di pulau ini dengan jernihnya air laut, membentuk suatu ekosistem penyempurna Pulau Tidung.

Hingga saat ini indahnya Pulau Tidung adalah kesaktian dak keajaiban Sang Maha Kuasa alam yang menciptakan sebagai salah satu karunia terbesar Indonesia. Oleh karenanya, perlu penanganan dan pengembangan yang baik dan tanggung jawab berlebih dari pihak pemerintah daerah dalam menjaga aset negara ini. Berikut beberapa cara.

  1. Membangun kembali budaya maritim Indonesia.
  2. Berkomitmen dalam penjagaan dan pengelolaan sumber daya laut, konsentrasi akan pembangunan daulat pangan laut lewat industri perikanan.
  3. Komitmen mendorong kemajuan serta mengembangkang infrastruktur, hubungan maritime dengan membangun segala macam kebutuhan pariwisata bahari.
  4. Melakukan kemitraan seluruh lapisan masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat, swasta dalam mengembangkan wisata Pulau Tidung.
  5. Indonesia secara umum menguatkan pertahann maritim dalam menunjang segala asset negara dan bangsa, termasuk kepulauan Seribu dengan Pulau Tidungnya.

Pulau Tidung Pulau Seribu, eksotisme Indonesia dalam mengembangkannya tidaklah mudah, memerlukan banyak tenaga dan modal untuk melakukannya. Komitmen, tanggung jawab, managemen, dan infrastruktur dalam memajukannya. Berwisata bahari ke pulai ini merupakan perjalanan wisata yang mempesona. Dalam menikmati keindahan bawah laut dan jelajah pulau, semua sumber daya manusia harus dikerahkan sepenuhnya dalam mengembangkannya.

Penambahan pendapatan perkapita daerah di Pulau Tidung otomatis akan meningkat sepadan dengan berkembangnya pulau ini sebagai destinasi wisata bahari di Kepulauan Seribu khususnya dan Jakarta umumnya. Sebagai bagian dari Kepulauan Seribu tentunya Pulau Tidung merupakan aset terbaik dari beberapa wisata bahari lain di Kepulauan Seribu yang menjadikan semakin majunya perekonomian lokal masyarakatnya.

Jika anda ingin berkunjung ke pulau eksotis dengan kecantikan alamnya ini, maka dapat mengetahui informasi tentang pulau ini, dengan beberapa tawaran paket yaitu:

  1. Paket Pulau Tidung 2 hari 1 malam.
  2. Paket Pulau Tidung 3 hari 2 malam.
  3. Paket One Day Trip Pulau Tidung.
  4. Open Trip Pulau Tidung.
  5. Paket Pulau Tidung Murah.

Selamat mencoba ya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *