Kegiatan Liburan Seru di Pulau Tidung
kegiatan liburan seru di pulau tidung

Kegiatan Liburan Seru di Pulau Tidung

Seperti yang kita ketahui, Pulau Tidung terbagi atas dua bagian yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Di Pulau Tidung besar Anda akan menjumpai rumah-rumah penduduk, fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, penginapan, tempat ibadah, pasar, tempat makan dan sebagainya, lazimnya sebuah pulau berpenghuni. Meski berada di seberang lautan, namun kehidupan masyarakat di Pulau Tidung besar berlangsung normal.

Kebalikan dari Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil merupakan pulau tidak berpenghuni. Pulau ini lebih dimanfaatkan untuk penanaman hutan bakau dan pohon sukun. Namun karena pesona alamnya memukau, pulau Tidung kecil juga tidak luput dari perhatian wisatawan. Apalagi kedua pulau ini terhubung dengan sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta sengaja dibangun pemerintah untuk menambah daya tarik Pulau Tidung. Dulu, penghubung kedua pulau ini hanya berupa jembatan kayu yang ringkih. Karena jumlah wisatawan terus bertambah, maka pemerintah membangun jembatan permanen agar lebih aman dilintasi oleh pejalan kaki.

Jembatan Cinta dibangun sepanjang 800 meter dan tinggi 8 meter dari permukaan laut. Desainnya dibuat melengkung dengan pagar pengaman kiri-kanan berwarna merah muda. Konon, menyusuri jembatan ini dari ujung ke ujung bisa membuat hubungan asmara langgeng. Benar atau tidaknya, silakan buktikan sendiri saat Anda berkunjung ke sini.

Selain Jembatan Cinta, banyak lagi daya tarik yang akan membuat Anda betah berada di Pulau Tidung. Beberapa kegiatan liburan seru yang bisa Anda lakukan di sini antara lain sebagai berikut:

Snorkeling

Tak genap rasanya berlibur ke pulau yang dikelilingi lautan tanpa menyaksikan langsung pesona taman lautnya. Di sekitar Pulau Tidung terdapat beberapa spot paling asyik untuk snorkeling. Tak hanya menyajikan panorama alam bawah laut yang indah, kondisi air di perairan Pulau Tidung juga sangat jernih. Sehingga memudahkan Anda melihat di dalam air.

Asyiknya lagi, snorkeling tidak membutuhkan keahlian menyelam. Sebab, aktivitas ini dilakukan di perairan yang terbilang dangkal. Paling-paling Anda hanya dibantu dengan perlengkapan selam sederhana yang bisa disewa dari pengelola setempat.

Diving

Ingin menjangkau perut laut lebih dalam lagi? Sebuah kapal akan membawa para divers lebih jauh dari bibir pantai dan berhenti di spot-spot tertentu yang masih tergolong aman untuk diselami. Anda yang memang punya keterampilan dan pengalaman menyelam, memang sangat bagus diving di sekitar perairan Pulau Tidung.

Water Sport

Selain snorkeling dan diving, banyak juga water sport lainnya yang tak kalah menyenangkan seperti kano, banana boat, water sofa, dan donuts boat. Aktivitas ini makin seru jika dilakukan beramai-ramai, terutama untuk yang datang bersama team.

Bersepeda

Bosan basah-basahan, alternatif lainnya mengisi waktu di Pulau Tidung adalah bersepeda mengelilingi pulau. Dengan sepeda yang bisa Anda sewa seharga 10-25 ribu, Anda bisa menyusuri pulau ini seharian sembari berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah-ramah. Bahkan kalau beruntung, Anda bisa diajak singgah makan siang gratis di rumah penduduk atau mendapat kenalan baru.

 Wisata Kuliner

Pulau Tidung juga tempat menyenangkan bagi para food hunter. Betapa tidak? Di sekitar pulau Tidung banyak sekali pilihan tempat makan yang enak-enak. Sajian utama mereka jelas seafood, namun teknik pengolahannya yang berbeda-beda. Jadi, Anda punya banyak kesempatan untuk mencoba ragam sajian seafood segar yang lezat-lezat selama berada di sini. Di samping itu, jangan lupa mencoba jajanan khas Pulau Tidung yakni keripik sukun yang renyah.